Cara Mengurus Paspor Hijau di Imigrasi Surabaya

Proses membuat passport di imigrasi surabaya cukup mudah dan murah tidak perlu menggunakan jasa orang lain (calo bisa sampai 1 juta), saya hanya perlu mengeluarkan < Rp. 280.000, untuk mendapatkan passport. *Update Jan 2011* Biaya Rp. 255.000 utk  Perpanjang/Baru
Lama kepengurusan cukup standar, hari I : memasukkan permohonan, hari II : membayar dan foto plus wawancara, hari V: ambil passport.
Saya mengurus permohononan hari Selasa dan ambil passport hari Senin, karena sabtu dan minggu libur. Setelah proses yang saya lalui, saya ingin sharing dengan Anda-anda sekalian bahwa mengurus passport tidak susah, tidak lama dan cukup murah.

*Update Mei 2011*

Perpanjangan dg Rp. 255.000,- , cukup mudah :

1. Membawa Fotokopi dokumen dalam format A4 :

  • 1 lembar KTP
  • 1 lembar KK
  • 1 lembar Akte Kelahiran / Ijazah Terakhir
  • 1 lembar Paspor Lama (Ada foto dan alamatnya)

2. Beli Map Ijo dan formulir = Rp. 10.000,-
3. Di berikan ke Pos Pusat Informasi di luar Loket Kantor dapat form yg diisi lagi, setelah itu dapat tanda terima,
kemudian di taruh dalam DropBox (sesi pagi)
4. Hari ke-2 : membawa dokumen asli , menyerahkan tanda terima ke Loket 5 untuk pembayaran Rp. 255.000
dan menunggu  wawancara, dapat tanda terima lagi

5. Hari ke-5 : mengambil paspor dg menyerahkan tanda terima di loket 5, boleh diwakilkan bila 1 KK atau menggunakan surat kuasa.

Prosedur diatas bisa untuk Paspor : akan expired dan sudah expired, utk TKI belum tahu.

* Oldies  dan untuk Paspor Baru *

Berikut Langkah-langkahnya :

Saya mengurus passport yang 48 Halaman (28 hal utk TKI) untuk saya sendiri (karena passpor lama mati) dan untuk anak saya Nayla (3.5 th).
Adapun persyaratannya :
1. Saya
- fotokopi KTP, KK, Akte Lahir, Ijasah terakhir, Surat rekomendasi dari kantor, Passport lama
- lampiran asli dokumen2 diatas
2. Nayla
- fotokopi KK, Akte lahir, Passport Orangtua (No KTP diisi No NIK di Kartu Keluarga)
- lampiran asli dokumen2 diatas

Hari I :

**Bila menggunakan surat kuasa, pastikan yg mengambil passpor adalah yg sama diberi kuasa

Datang jam 9.30 lebih, suasana imigrasi sangat rame sekali. Adapun yang kita harus beli disana (koperasi) :
- Map Ijo dan cover passpor Rp 5.000
- Surat Permohonan Passpor Baru dari passpor lama (buat saya)
- Surat Permohonan Passpor Baru (buat Nayla)
- Surat Kuasa mengurus Passpor (buat Nayla)
Setelah mengisi surat2 tadi, Skitar jam 10 kita mengambil antrian di loket dapat no 122 dan 123, tapi no yang masih dilayani baru no. 60.
Wuihhh.. nunggu lama, bener kata orang-orang kalo ngurus passport datang pagi sekali. Akhirnya nomor kita dipanggil jam 13.30 di loket 6, dan cukup menyerahkan berkas2 yang kita siapkan dan kita beli dari koperasi. Berkas2 ini diperiksa butuh waktu seharian (walo kenyataannya cuma ditumpuk saja), dan besoknya diambil untuk digunakan membayar dan foto.
Kita pulang setelah berkas sudah dikumpulkan dengan membawa tanda terima, JANGAN SAMPAI HILANG.

Hari II :

**Pada Jam normal/kerja : ngumpulkan tanda bukti pendaftaran di loket 5 untuk mendapatkan nomor antrian pembayaran

Datang jam 7.45, akhirnya bisa parkir mobil dengan gampang karena sepi. Kita mengambil berkas kita di POS (ada tulisan tamu harap lapor) karena kurang dari jam kerja, dengan memberikan tanda bukti yg kemarin kita dapatkan. Kita mendapatkan berkas2nya dan nomor antrian 010 dan 011, asiikk, antri ga lama.

Setelah itu kita antri bayar (bayar Rp 270.000/org), kita mendapatkan tanda bukti pembayaran JANGAN SAMPAI HILANG, kemudian nunggu nama kita dipanggil untuk difoto. ketika foto dan wawancara, cukup cepat, jam 9.00 kita sudah bisa keluar dari imigrasi.
Tanda bukti pembayaran ini digunakan untuk mengambil passport, jangan sampai hilang. Didalamnya sudah ada no passport kita yang nanti akan ditampilkan di passport.

Hari IV :

**Ada yg bilang pada hari IV passpor sudah jadi, jadi untuk pastinya cek dg SMS pada waktu siang hari, supaya kepastian ambil passpor pada sorenya bisa diputuskan

jam 13.00 (layanan ambil passport jam 13.00-16.00)
Menurut cerita calo2, kalo mo ambil passport bisa pada hari ke 4. Akhirnya Saya ga sabar, untuk melihat status permohonan kita bisa di cek lewat sms dengan

pesan : paspor  <no_permohonan>
nomor  : 081230056677

atau cek ke www.imigrasi.go.id masukkan nomor imigrasinya. Sayang pada waktu itu imigrasi sedang ada kendala, sehingga muncul pesan status masih verifikasi.

Hari V :

**Bila sebelumnya dg surat kuasa, mengambilnya hanya menunjukkan tanda bukti dan KTP sesuai dg orang yang menandatangani  ketika pendaftaran / pemilik paspor sendiri.

Saya sms lagi, punya saya dan nayla sudah jadi, saya akhirnya meluncur kesana. Tiba disana suasana aga lengang karena sudah siang jam 14.00. Saya langsung menuju loket 03 untuk mengambil, dan alhamdulillah tidak perlu mengantri. Selesai sudah ceritanya membuat passport.

Alternatif membuat paspor  versi online (lebih cepat):
1. www.surabaya.imigrasi.go.id

- persyaratan harus discan masing2 dg ukuran < 300KByte
- mengisi permohonan online dan upload scan tadi
- nanti muncul halaman berisi nomor permohonan, ini yang harus kita print

2. Hari I :
- membeli di koperasi : map ijo, surat2 permohonan dan kuasa
- melampirkan tanda bukti permohonan online di map ijonya
- mendapatkan antrian bayar passport
- membayar passpor
- foto dan wawancara

3. Hari III ato IV (pagi ato sore):
- mengambil paspor

Moga2 pengalaman ini bisa menjadi manfaat bagi Anda sekalian. Amiin.

Lokasi Imigrasi Surabaya :

Lihat Kantor Imigrasi Surabaya di peta yang lebih besar

50 Responses to “Cara Mengurus Paspor Hijau di Imigrasi Surabaya”

  1. Erwin Hoes says:

    that is what i was imagining ninth of nov wasn’t out of this planet

  2. roberto says:

    Pak mau tanya, paspor saya sedikir terkena cipratan air hujan, sebenarnya yang lain tidak apa2, hanya tanda tangannya yang sedikir luntur/hilang. Mengenai kasus tersebut, saya dengar harus dibawa ke kanwil. Apa saya perlu ikut mengurusnya ke kanwil, atau saya serahkan pada pegawai imigrasi saja? Takutnya pegawai imigrasi selalu menunda atau “melamakan” prosesnya, kecuali mungkin kalau pake calo atau “paket ekspres” baru bisa cepat. Mohon jawabannya pak, trims. =)

  3. find says:

    Hello there, You have done an excellent job. I’ll definitely digg it and personally suggest to my friends. I’m sure they will be benefited from this site.

  4. I have to thank you for the efforts you’ve put in writing this website. I really hope to see the same high-grade blog posts by you later on as well. In truth, your creative writing abilities has inspired me to get my very own website now ;)

  5. sasa says:

    aduh …….. saya pd waktu ngurus paspor dengar cerita para pemohon
    jadi malu dan risih ….. karena kalau urus sendiri biaya rp 255.000, tapi kalau lewat calo bisa sampai 600.000 s.d 1 juta dan para para calo ada perhatian khusus dari kantor imigrasi, tdk perlu antri, mhn di tertibkan sperti di polri pd urus stnk atau sim skrang dah tak ada calo.

  6. itiz says:

    pak mau tanya klau dulu ada kerja diluar negeri tapi tahun kelahiran dituakan satu tahun waktu pembuatan paspor karna masa itu tekong yg buat jadi saya pun tak berapa paham> sekarang saya mau buat paspor baru dengan identitas yang sebenarnya untuk menikah dengan orang luar negeri (tempat saya bekerja) apakah bisa? dan bagaimana prosesnya

  7. itiz says:

    pak klau dulu ada kerta diluar negara tapi waktu buat paspor tahun kelahiran dituakan sekarang saya nak buat paspor baru dgn identitas tang sebenarnya karna mau pakai nikah disini (calon suami orang luar negeri tempat saya bekerja) bagaimana prosedurnya ?

  8. silvi says:

    Terima kasih infonya, sangat membantu. Btw, tolong tanya, surat rekomendasi dari kantor berisi apa? Apa itu tetap wajib, jika kita perlu paspor bukan untuk dinas kantor tetapi untuk pribadi?
    Mohon info ASAP. Terima kasih.

    • admin says:

      Surat ijin itu bisa dibuat ada 2 macam.. untuk keperluan pergi ato memang mengurus paspor. Tapi pada intinya di surat disebutkan memang Anda bekerja disitu dan benar2 diijinkan oleh atasan. Sperti saya buat paspor: untuk pergi k australia.. padahal blm tentu sy pergi ke sana.. jadi formalitas saja
      Semoga sukses buat surat ijinnya

  9. Julis says:

    Untuk biaya pembuatan passport baru untuk sekarang berapa ya kira-kira. karena saya ingin melakukan kunjungan ke tmpt tmn di singapore dalam waktu dekat. Mohon jawabannya.
    Thanks.

  10. bahri says:

    Bagaimana jika ada perbedaan nama ?

    KTP saya menggunakan MUHAMMAD ( DOUBLE M DI TENGAH), tapi IJASAH SAYA PAKE MUHAMAD ( 1 M DI TENGAH).

    Apa yang harus saya lakukan ?

  11. YUNITA says:

    PERMISI MAU NUMPANG TANYA NIH… APAKAH JAM UTK MENGAMBIL PASPORNYA TIDAK BISA PAGI KAH??? APA MMG JADWAL MENGAMBIL PASPOR NYA HARUS JAM 1-4 SORE KAH??
    TERIMA KASIH

  12. Dian Neeta says:

    thanks untuk informasinya, saya hari ini ikut mengantarkan suami k kntr imigrasi u/ mmbwt paspor, krn sblm berangkat sudah baca info ini jadi semuanya terasa mudah dan cepat,salam sukses

  13. hani says:

    terima kasih infonya, sangat membantu

  14. Alhamdulillah….. artikel ini sangat membantu saya dan insyaAllah calon jama’ah haji yg lain.Mohon ijin untuk saya share k blog http://armina************.blogspot.com/
    (dgn mcantumkan sumber dr Anda)

    tx u

  15. mas bewok says:

    Hari saya dan kawan saya mau buat paspor untuk liburan karyawan di kantor imigrasi jak-sel, disana pelayanannya tidak memuaskan sekali, ruang tunggunya panas seperti oven, petugasnya juga jutek, sistem antrian tidak berjalan semestinya, calo ada dimana-2, bahkan karyawan dalam pun ada yang menawarkan proses kilat dan langsung jadi, tapi dengan syarat pembayaran dimuka sebesar 1,5 juta atau lebih utk paspor 48 halaman, bisa langsung jadi, walaupun sudah dapat nomor antrian, ga perlu antri lama-2.
    Jadi seperti ini mental pegawai BUMN ya ??? menyedihkan sekali, sangat merugikan rakyat biasa. Bagi yang berduit banyak dan punya uang yang tidak berseri pun proses ini bisa dijalankan, karena mereka butuh cepat, sedangkan kita yang menunggu dari pagi sampai sore, harus mengikuti prosedur lempar sana, lempar sini, bayar sana, bayar sini, BUMN dengan birokrasi ruwet, rumit, ribet, asal, yang penting ada duit semua beres … dasar ga punya otak nih pegawai BUMN, ga punya rasa perikemanusiaan, tidak punya rasa keadilan. Tapi kalo keadilan dalam berbagi uang sogokan paling cepet.

    tembusan:
    - kompas.com
    - detik.com
    - vivanews.com
    - okezone.com
    - liputan6.com
    - yahoo.co.id
    - msn.co.id
    - media indonesia group
    - media online jakarta
    - dewan pers
    - antara

    • admin says:

      Mulai kapan Imigrasi dibawah kementrian BUMN? Mohon dicek lagi. Bila Anda merasa keberatan terhadap pelayanan imigrasi tersebut, cari tempat imigrasi lain yang nyaman di jakarta. Bila ingin mengeritisi pelayanannya, buat surat berisi kritik pada Kotak Saran dan Kritik di Imigrasi. Saya rasa cara tersebut lebih baik.

      Semoga lancar.

  16. pratiwi says:

    Jazakillah khairan katsiran.. Info yg bermanfaat & memudahkan sekali.

  17. risna says:

    salam kenal saya risna di kediri saya mau tanya dl saya kerja di malaysia passport saya mati oct 2009 rencana sih mau balik malaysia lg bisa kah passport di sambung lg?? atau di harus kan bikin passport baru lagi?? sarat”nya apa saja nya pak tlng di bantu.thank’s

  18. Agil says:

    Wow luar biasa infonnya, oya apa benar ketika bayar paspor dan pada saat foto, apakah kita sudah tau nomor paspor kita?
    yang kedua apa syarat buat paspor untuk orang lajut usia yang hanya punya KK dan KTP seumur hidup. mohon infonya P. Admin yang baik.

    • admin says:

      1. Ya setelah kita bayar dapat tanda bukti, disitu sudah ada no passpor kita, semoga tanda bukti yg skrg ini blum brubah.

      2. Bayi s/d lanjut usia, no identitasnya ada di KK. Jadi KK itu penting sekali dijadikan referensi untuk paspor. coba anda bandingkan no KK anda dengan no KTP, pasti sama.

      Semoga bisa membantu

  19. robbi says:

    salam kenal…
    thanks infonya,tpi q jg mao tanya…
    klo paspor kerja ke malaysia sama gak kepengurusannya??
    q kan di transfer ma perusahaan tmpt q kerja ke malay,trus bawa istri jg nah klo keadaanya kayak gni gmana??

  20. sugeng says:

    Sy baru nguruskan paspor teman di Imigrasi Tanjung Perak, lama, kalau begitu sgt beda ma waru (surabaya).
    Disini map+form bermaterai 17rb, msk berkas tgl 3/11’10 foto nunggu 2 hari (5/11’10), selesai foto pasport baru bisa diambil tgl 18/11’10. Hitung aja berapa hari itu… bandingkan dengan Imigrasi Waru yang lebih tertib & cepat.

    Bagi rekan2 saran saya mending ngurus di waru saja.

  21. imam says:

    askom ayah naila tnks very much ya…….u dah ramai membantu orng yang sudah kesusahan termasuk saya saya ada soalan ni tolong ya pak di balas saya baru pulang dari malaysia sudah dua tahun di malaysia saya mau ke malaysia lagi yang jelas pasport yang lama itu gak boleh di gunakan lagi….soalnya kemarin saya masuk ikut orang soalx kmarin masih terlalu dugu lepastu nama yang di dalam pasport saya tu bukan nama asli saya tapi nama orang lain aku juga heran pak gimana kok bisa kayak gitu……so apa yang harus saya buat ya pak??????????untuk bisa buat paspor dan menghhindari biometrik

  22. vani says:

    aku masih mo buat paspor,aku asli kediri tp kerjaku di surabaya jd kupikir lebih enak pke dsni aja, temenku juga skalian mo buat tp ntip aku coz dia posisi di kediri bisa ga ya?mgkn pke surat kuasa gitu????
    ntar klo pas foto aja dia dateng, tp yang bliin formulir n yang ngambil juga aku bisa ga ya?

  23. Oooboys says:

    Saya ingin perpanjangan passpor dengan menggunakan sistem online.
    Dulu saya pernah coba2 buka website-nya http://www.surabaya.imigrasi.go.id tapi skrg tidak bisa, apa memang website itu sudah tidak bisa digunakan lagi atau ada aternatif lainnya?
    Thanks

  24. evi says:

    Saya sudah beli berkas2 yg di koperasinya. Untuk menyerahkan berkasnya apakah saya hrs datang langsung atau bisa saya wakilkan ? rencananya saya datang sewaktu wawancara dan foto aja, krn saya nggak bisa cuti dr kantor saya. Trus unt dokumen asli itu dibawa waktu hari 1 atau hr ke 2 saja?
    thanks

    • admin says:

      Kalau ingin diwakilkan, jg lupa menggunakan surat kuasa standar koperasi, dan pengurusan bisa diwakilkan ketika pendaftaran, pembayaran, dan pengambilan, sperti menguruskan utk anak saya.
      Pengalaman saya, berkas2 asli (dan surat dari instansi) dibawa waktu hari 1 pendaftaran saja, dan mendapatkan berkas2 untuk mengurus utk pembayaran dan wawancara, serta pengmbilan paspor.

      Tips, sebaiknya untuk antrian pembayaran, datang pagi jam 7.30 sblm kantor buka walau pembayarannya dilakukan jam 8 lebih untuk dapat antrian awal, sehingga dapat antrian wawancara bisa lebih pagi juga dan kemudian bisa ngantor lebih siangan tanpa perlu cuti.
      Biasanya jam 7.30an sudah ada yg datang 10an, moga2 nanti mengurusnya lancar dan tidak rame seperti yang pernah saya alami.

      Bila memang sibuks sekali, sebaiknya menggunakn jasa orang lain, tapi bila diurus sendiri, nanti bisa share pengalaman menarik ini ke rekan2 Anda.

      Senang bisa berbagi pengalaman dg Anda dan semoga bisa membantu.

  25. kalyanie says:

    by the way alamat kantor imigrasi surabaya dimana ya?
    thanks

  26. arga says:

    mau tanya ni………

    sy mau buat passport untuk anak yang masih dibawah umur (13 th), apa saja persyaratannya, sebab belum punya KTP.

    thank atas infonya.

    Arga / jombang

    • admin says:

      Seperti passpor anak saya, untuk no ktp diambil dari no. NIK KK jadi gak masalah bila tidak memiliki KTP, surat kuasa digunakan untuk diuruskan atas nama orang tua… dll…

      Silahkan Ikuti persyaratan milik anak saya, semoga bisa membantu.

  27. Brahm says:

    Memang ini yg saya cari. Trims ya.

  28. sony says:

    Tanya, saya kebetulan tidak punya akte kelahiran, kalau bawa ijasah yang foto copyan aja ? apa perlu dilegalisir?
    trus permintaan surat dari instansi apa sudah ada blackonya? mohon informasinya.
    maturnuwun.
    sonyin

  29. rainy says:

    KK harus asli ga? bisa FC? soalnya KK yg asli di keep ortu di luar pulau. Klo yg lain, saya ada kok yg original.

  30. Putri says:

    saya asli malang dan sekarang di Surabaya. saya membuat pasport di batam saat bekerja di sana dan akan expire bulan depan (desember) saya berencana ke singapore 2 minggu lagi, apakah ada kemungkinan singapore menolak?(min requirement expire date 6 bulan)
    sekarang saya bekerja di surabya, apakah saya bisa membuat pasport di surabaya karena ktp saya ktp Malang.?.(saya kuatir tdk bisa masuk singapore krn sudah terlanjur beli tiket).

    terimakasih

    • admin says:

      Imigrasi itu sifatnya nasional, bukan regional, jadi pengurusannya dimanapun tidak masalah, asal syaratnya lengkap dan masih berlaku. Kalo mengurus disurabaya brarti rejekinya imigrasi Surabaya dapat order pasport. Datang dulu ke imigrasi pagi2 ato siang jam 2, biar leluasa tanya atau mengurus lainnya. ASAP. Semoga bisa membantu.

  31. abunahla says:

    salam,
    saya rencananya mo jadi TKI, paspor nya harus 24 H ato pake yang 48 H juga bisa…..??
    trus kalo tidak ada surat rekomendasi dari kantor kira2 bisa ngak yah…??
    satu lagi alamat nya di surabaya dimana yah…?? kalo dari bungur asih naik apa…??
    teriakasih atas bantuannya….

    • admin says:

      saya dapat issue bahwa 24H untuk TKI, saya pikir 48H tdk apa2. Cuma untuk mengurusnya anda harus menunjukkan wiraswasta, bila TKI tanpa perantara, supaya mengurusnya tidak perlu rekomendasi. Mohon maaf, untuk prosedur TKI belum pernah tahu.
      Dari bungurasih ke Imigrasi cukup dekat skitar 5-10menit kalo naik becak dg melawan arus jalan sidoarjo-waru.

      Semoga sukses

  32. rits says:

    mksh infonya……..

    Kebetulan sy mau urus paspor dan baru pertama kali ini. Tapi sy bingung dengan istilah 24H dan 48H. Sy mau mengunjungi sodara di saudi….sy nanti pilih yg 48 ya…soalnya mama nayla bilang yg 24 utk TKI.

    • admin says:

      H=halaman. Rata2 orang memakai paspor 48 halaman.
      Kalo prosedurnya dan lama mengurusnya masih sama ato berubah, kasi kabar ya, nanti saya update.

      Trims

  33. rama says:

    Dear Bundanya Nayla,

    Terima kasih untuk info nya. Bermaanfaat sekali.
    Kasus di atas kan untuk paspor yang mati, kemudian diperpanjang. Apakah prosedurnya sama, untuk pemnbuatan paspor baru (2 orang dewasa dan 1 anak) ?

    Thx.

    Salam

    • admin says:

      Saya ayahndanya nayla.

      Paspor mati ato belum punya, hampir sama syaratnya, yg membedakan adalah penyertaan paspor lama.
      Biasanya kalo beli map ijo di koperasi, bisa tanya juga surat2 yg lain spt permohonan baru, surat kuasa buat mengurus paspor anak. Semua surat harus beli di koperasi, biar formatnya seragam katanya. Pernah saya buat surat kuasa sendiri, ditolak sama mereka dan disuruh beli di koperasi. hehehe

      Semoga lancar urus paspornya.

  34. Eka Cahyana says:

    Kalo Untuk Pasport Hilang gimana? apa prosedurenya juga sama, karena saya pernah punya passport & kemudian hilang di curi berserta tas laptop saya.

    • admin says:

      maaf untuk paspor hilang belum tau prosedurnya, cuma kalo tidak salah biayanya cukup mahal, kalo tidak salah > 400 ribu. Mungkin Prosedurnya hampir sama, cuma ketambahan laporan polisi dan surat pernyataan untuk ganti paspor ato surat pernyataan khusus untuk yg hilang. Silahkan ditanyakan di kantor imigrasi untuk lebih jelasnya, lewat telp dilayani sama kantor imigrasi.

  35. Kadek says:

    thank’s ya atas infonya. sangat membantu bagi yg baru
    Kalo wawancara itu isinya apa? pake bhs inggris ga?

    • admin says:

      wawancara berisi konfirmasi yang telah ditulis dan itu butuh 2 menit saja koq dan pakai bahasa indonesia. kalo wawancara lebih dari itu rasanya waktunya tidak cukup, kasihan yang antri. gud lak buat anda.

Leave a Reply